MacBook Pro Terbaru yang akan Segera Rilis Maret 2021

MacBook Pro Terbaru yang akan Segera Rilis Maret 2021

Apple memperkenalkan M1 MacBook Pro baru pada November 2020, tetapi model baru tidak menyertakan perubahan desain apa pun. Itu akan berubah pada 2021, dengan desas-desus yang menyarankan Apple memiliki penyegaran desain MacBook Pro utama dalam pengerjaan.

Model MacBook Pro 14 dan 16 inci yang akan hadir pada tahun 2021 akan menampilkan perombakan desain paling signifikan pada lini MacBook Pro yang telah kami lihat sejak 2016, dan mesin yang diperbarui juga akan menangani keluhan yang dialami pengguna dengan MacBook Pro selama bertahun-tahun dengan mengembalikan fitur lama yang mencakup MagSafe, lebih banyak port, dan tombol fungsi fisik.

Desas-desus dalam panduan ini bersumber dari analis Apple Ming-Chi Kuo dan Mark Gurman dari Bloomberg, yang keduanya sering memberikan wawasan yang akurat tentang rencana Apple.

 

Desain

MacBook Pro Terbaru yang akan Segera Rilis Maret 2021

Apple telah memperbarui model MacBook Pro 14 dan 16 inci dalam pengerjaan. Model 14 inci akan menggantikan model 13,3 inci saat ini, sedangkan model 16 inci akan menggantikan versi 16 inci yang tersedia. Untuk model 14 inci yang dirubah, kemungkinan ukuran casing keseluruhan akan tetap sama dengan MacBook Pro 13 inci, dengan peningkatan ukuran layar sebagian besar berasal dari pengurangan bezel atas dan samping mesin.

Namun, mungkin ada sedikit peningkatan dalam ukuran fisik. Saat Apple beralih dari MacBook Pro 15,4 inci ke MacBook Pro 16,1 inci, ukuran fisik berubah dari 13,75 x 9,48 inci menjadi 14,09 x 9,68 inci, dan kami dapat melihat sesuatu yang serupa dengan MacBook Pro 14 inci.

Kedua model baru yang akan datang diharapkan menampilkan beberapa perubahan desain penting. Analis Apple Ming-Chi Kuo yakin model MacBook Pro baru akan menampilkan desain bermata datar yang “mirip dengan iPhone 12”, tanpa tepi melengkung seperti model saat ini.

Gurman telah menguatkan laporan Kuo, tetapi informasinya menunjukkan bahwa desain bermata datar mungkin tidak terlalu menyimpang dari desain saat ini. Dia mengatakan bahwa model yang ditingkatkan akan “terlihat mirip” dengan model saat ini, tetapi akan menampilkan “perubahan desain kecil,” jadi kita harus menunggu untuk melihat seberapa signifikan perubahan ini pada keseluruhan desain.

Model MacBook Pro yang diperbarui akan menggunakan desain heat pipe yang sama dengan yang digunakan model MacBook Pro 16 inci saat ini. Apple mengubah sistem termal MacBook Pro 16 inci, meningkatkan ukuran pipa panas, menambahkan bantalan termal, dan meningkatkan ukuran unit pendingin sebesar 35 persen.

Sistem termal baru ini memungkinkan peningkatan daya komputasi berkat aliran udara yang lebih baik dan manajemen panas, yang menjadi pertanda baik bagi kinerja chip silikon Apple yang diharapkan disertakan.

 

Ports

Bahkan jika pembaruan sasis lebih kecil dalam skala daripada yang Kuo buat, ada perubahan lain dalam pekerjaan yang akan membuat penyegaran 2021 sebagai pembaruan besar. Kuo yakin Apple akan menambahkan port tambahan ke model MacBook Pro, meskipun dia belum menentukan port mana yang mungkin digunakan.

Apple pada tahun 2016 meluncurkan desain MacBook Pro baru yang menghilangkan semua port kecuali port USB-C dan jack headphone 3,5 mm, tetapi model sebelumnya dari 2012 hingga 2015 menyertakan konektor ‌MagSafe‌, port Thunderbolt, port USB-A, dan Port HDMI, pembaca kartu SD, dan jack headphone 3,5 mm.

Dengan mesin 2021, kami dapat melihat kembalinya beberapa port yang sudah lama dihentikan ini. Kemungkinan sebagian besar port akan terus menjadi USB-C karena Apple telah beralih ke USB-C selama bertahun-tahun sekarang, tetapi mungkin ada tambahan seperti slot kartu SD atau port HDMI.

Mengingat penekanan Apple pada USB-C dan desain ramping jajaran MacBook Pro, sepertinya kami tidak akan melihat kembalinya USB-A, tetapi Kuo mengatakan bahwa mesin baru akan memiliki port yang cukup sehingga sebagian besar pengguna “mungkin tidak perlu membeli dongle tambahan.

 

MagSafe

Bersama dengan port tambahan, mesin baru diharapkan membawa MagSafe kembali ke jajaran Mac. Konektor ‌MagSafe‌ digunakan untuk model MacBook Pro dari tahun 2006 hingga 2016, saat Apple mengganti konektor ‌MagSafe‌ dengan port USB-C, tetapi sekarang sepertinya kami kembali ke desain ‌MagSafe‌.

Baik Kuo dan Gurman mengharapkan model MacBook Pro baru dilengkapi dengan ‌MagSafe‌ untuk keperluan pengisian daya, dengan port pengisian daya ‌MagSafe‌ berbeda dari port USB-C lain yang disertakan.

‌MagSafe‌ dalam model MacBook Pro baru diharapkan serupa dengan konektor dan port ‌MagSafe‌ 2 yang digunakan sebelum tahun 2016, yang memungkinkan sambungan magnetis lepas cepat yang mencegah kerusakan pada komputer dan kabel saat kabel dicabut.

Fungsionalitas pengisian daya ‌MagSafe‌ diharapkan memungkinkan kecepatan pengisian daya yang lebih cepat daripada yang tersedia dengan USB-C, dan mengingat bahwa Apple beralih ke teknologi pengisian daya baru, kami dapat mengharapkan model MacBook Pro yang akan datang dikirimkan dengan kabel pengisian daya ‌MagSafe‌ dan menyertainya adaptor daya.

 

Tidak ada Touch Bar

Apple memperkenalkan Touch Bar di Mac 2016, menyediakan layar OLED kecil tempat tombol fungsi fisik dulu berada. Apple memiliki rencana besar untuk Touch Bar dan membayangkannya sebagai layar mini yang dapat disesuaikan yang menawarkan kontrol yang dapat disesuaikan dan fungsi yang berbeda pada basis per aplikasi, tetapi Touch Bar sepertinya tidak pernah disukai konsumen.

Kuo mengatakan bahwa Touch Bar akan dihapus pada model MacBook Pro 2021 dan akan diganti dengan tombol fungsi fisik. Gurman telah mengonfirmasi bahwa Apple telah menguji versi MacBook Pro yang tidak memiliki Touch Bar.

 

Layar

Gurman yakin model MacBook Pro baru akan menampilkan peningkatan tampilan dalam bentuk “panel yang lebih terang, kontras lebih tinggi,” dan dalam rumor sebelumnya, Kuo telah menyarankan bahwa mesin yang diperbarui akan menjadi Mac pertama dengan layar mini-LED, menandai peningkatan yang signifikan dalam kualitas tampilan.

Mengingat bahwa Kuo tidak menyebutkan teknologi mini-LED dalam laporan terbarunya, kemungkinan fungsionalitas mini-LED telah ditunda hingga kemudian hari.

Jika Apple melakukan transisi ke mini-LED untuk model MacBook Pro 2021, layar dapat menggunakan sekitar 10.000 LED, masing-masing berukuran di bawah 200 mikron. Teknologi Mini-LED akan memungkinkan desain yang lebih tipis dan ringan, sekaligus menawarkan banyak manfaat seperti OLED seperti peningkatan nada warna lebar, kontras tinggi dan rentang dinamis, serta warna hitam yang lebih nyata.

 

Prosesor

MacBook Pro 13 inci level awal sudah memiliki chip ‌M1‌, dan pada tahun 2021, semua model MacBook Pro baru akan mendapatkan chip silikon Apple. Apple tidak diharapkan untuk merilis model MacBook Pro dengan chip Intel, secara bertahap menghilangkan chip Intel dari lini notebook sepenuhnya.

Apple sedang mengerjakan chip silikon Apple kelas atas yang memiliki 16 inti daya dan empat inti efisiensi, yang akan memusnahkan CPU Intel dalam hal kinerja. Ada juga teknologi GPU baru yang sedang dikerjakan, dengan Apple merancang opsi GPU 16 dan 32-inti, beberapa di antaranya dapat digunakan dalam model MacBook Pro baru.

 

Tanggal peluncuran

Model MacBook Pro baru diharapkan diluncurkan pada kuartal ketiga 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *