Cara Mudah Screenshot Layar Laptop Dengan Cepat Dan Praktis

Cara Mudah Screenshot Layar Laptop Dengan Cepat Dan Praktis

Screenshot atau tangkapan layar adalah gambar yang diambil oleh komputer untuk merekam tampilan di layar atau perangkat keluaran visual lainnya, seperti laptop dan smartphone. Tangkapan layar, juga dikenal sebagai tangkapan layar, dapat digunakan untuk menangkap placeholder atau tangkapan layar untuk diarsipkan dalam bentuk gambar. Suatu kebutuhan yang penting bagi kebanyakan manusia pengguna berbagai perangkat.

Cara pengambilan screenshot di laptop tentunya berbeda dengan smartphone yang terkesan lebih praktis dan setiap jenis keluaran android memiliki caranya sendiri-sendiri. Tangkapan layar pada laptop biasanya menggunakan tombol PrintScreen pada keyboard. Tetapi apa yang terjadi jika tombol tersebut tidak berfungsi?

Berikut beberapa cara cepat dan praktis mengambil screenshot di laptop yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

 

1. Gunakan tombol PrintScreen

Seperti disebutkan sebelumnya, tombol PrintScreen adalah metode yang paling banyak digunakan untuk menangkap layar laptop dan komputer. Meski tergolong mudah, sayangnya Anda tidak bisa mengambil screenshot dengan ukuran layar yang Anda inginkan.

Menggunakan tombol PrintScreen akan mengisi layar dan secara otomatis menyimpan gambar ke slot copy laptop. Berikut cara mengambil tangkapan layar di laptop Anda:

  • Pertama, buka halaman tempat Anda ingin mengambil tangkapan layar.
  • Kemudian tekan tombol PrintScreen di sisi kanan keyboard.
  • Setelah menekan tombol, tidak terjadi apa-apa pada layar, karena gambar secara otomatis disimpan ke clipboard dan Anda dapat menempelkannya.
  • Buka manipulator gambar atau aplikasi cat, lalu tekan Ctrl + V (tempel) untuk menempelkan tangkapan layar sekarang.
  • Akhirnya Anda mendapatkan tangkapan layar yang dapat diedit dan disimpan terlebih dahulu dengan mengklik File> Simpan Sebagai

 

2. Gunakan Tombol Windows + PrintScreen

Cara mudah berikutnya untuk mengambil screenshot di laptop adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows dan PrintScreen secara bersamaan. Tombol jendela adalah ikon persegi panjang bersudut seperti jendela. Metode kedua tombol ini digunakan untuk menangkap satu halaman layar penuh. Caranya mudah, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk menyimpan gambar screenshot. Langkah-langkah mudahnya adalah sebagai berikut,

Pertama pilih jendela program yang ingin Anda tangkap layarnya. Misalnya, buka Google Home Screen, lalu klik tombol Windows + PrintScreen. Gambar akan secara otomatis disimpan ke dokumen gambar di laptop. Untuk memudahkan mencari foto, Anda bisa klik kanan> klik Sort by> click date.

 

3. Menggunakan Alt + tombol PrintScreen

Cara mengambil screenshot di laptop menggunakan tombol Alt dan PrintScreen yang ditekan bersamaan. Bersama-sama, kedua tombol akan membantu Anda mendapatkan tangkapan layar dari aplikasi atau program yang saat ini digunakan.

Fitur ini memudahkan Anda untuk tidak perlu men-tweak layar penuh. Seperti membuka kunci layar Mrs. Word dan online dengan layar kecil di kiri dan kanan. Saat Ms. Word sedang aktif digunakan, hasil screenshot hanya Miss Word saja.

  • Pertama, buka aplikasi yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.
  • Kemudian tekan Alt + PrintScreen.
  • Langkah selanjutnya sama dengan metode pertama, Buka aplikasi Paint> Baru> Klik kanan Tempel atau dengan Ctrl + V.
  • Kemudian simpan gambar tersebut ke folder.

 

4. Gunakan aplikasi Snipping Tool

Dapat diandalkan cara mengambil tangkapan layar di laptop ini ketika tombol PrintScreen tidak berfungsi dengan benar. Aplikasi yang ringan dan mudah di install sebaiknya di install di komputer laptop terlebih dahulu. Dengan aplikasi Snipping Tool, Anda dapat memotret gambar ke ukuran yang Anda inginkan, tanpa tangkapan layar penuh, berikut langkah-langkah mudahnya:

  • Buka halaman yang ingin Anda ambil screenshotnya, lalu buka aplikasi Snipping Tool.
  • Pada jendela Snipping Tool terdapat 4 mode pada menu baru yaitu
  • Potongan bentuk bebas, tangkapan layar sesuai format yang diperlukan.
  • Window Snip dan Full Screen Snip, kedua opsi ini memiliki fungsi yang sama, dan itu adalah satu screenshot lengkap.
  • Jika sudah memilih mode yang diinginkan, gerakkan kursor sesuai bagian yang ingin Anda ambil screenshot.
  • Hasil screenshot akan langsung muncul di jendela Snipping Tool.
  • Setelah selesai, Anda dapat memilih File> Save As dan menyimpannya di mana pun Anda inginkan.

 

5. Gunakan PhotoScape

Pertama, instal PhotoScape di laptop Anda. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk mengedit foto, seperti menambah teks, membingkai dan membuat banyak gambar dalam satu gambar. Selain itu semua, PhotoScape juga dapat digunakan untuk menangkap layar atau screenshot dan mengedit berbagai GIF juga, berikut cara mengambil screenshot di laptop:

  • Pertama pilih halaman yang ingin Anda ambil screenshotnya.
  • Kemudian buka aplikasi PhotoScape> ketuk ikon Tangkapan Layar
  • Kemudian sebuah kotak dialog muncul menampilkan beberapa pilihan, seperti Capture the Whole One Screen, Capture the Window, Complete the Area dan Redo the Last Capture.
  • Setelah melakukan pemilihan, seperti menangkap layar penuh
  • Gambar yang diambil akan ditampilkan, kemudian Anda dapat mengedit dan menyimpannya.

Ini adalah beberapa cara cepat dan praktis untuk mengambil screenshot di laptop. Tentu saja, langkah-langkahnya sangat mudah untuk dipraktikkan dan membantu Anda untuk memiliki arsip gambar dari layar laptop. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *